SIAPA KITA

Yayasan Citra Mandiri Mentawai (YCM-M) merupakan kumpulan individu-individu yang berasal dari berbagai latar belakang etnis, budaya, pendidikan, pengalaman dan keahlian yang berbeda, namun memiliki kepedulian dan keprihatinan yang sama terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat adat Mentawai, serta memiliki kemauan yang kuat untuk berkarya bersama-sama dengan masyarakat adat Mentawai.

APA YANG KITA LAKUKAN

Sejak berdiri pada 17 Juli 1995, lembaga kami membaktikan dirinya memperjuangkan hak-hak masyarakat Adat Mentawai dari seluruh aspek. Kegiatan-kegiatan advokasi yang kami lakukan meliputi advokasi sumber daya alam, kebijakan-kebijakan publik, advokasi anggaran dan kasus-kasus korupsi dan layanan-layanan dasar dari negara seperti kesehatan dan pendidikan bertujuan memperkuat posisi masyarakat adat Mentawai agar dapat mempertahankan sumber daya alam yang dimilikinya. Sebab sumber daya alam bagi orang Mentawai seperti tanah dan hutan merupakan sumber kehidupan sekaligus sumber ilmu pengetahuan budaya yang berguna bagi kelangsungan hidup mereka.

Kami memandang penting bekerjasama dengan masyarakat adat Mentawai karena merekalah si pemilik tanah Mentawai. Kami ingin menjadikan mereka tuan ditanah mereka sendiri dengan memastikan kebijakan publik yang dibuat oleh pemerintah mengakomodir kepentingan mereka. Kami bertekad bersama-sama melawan korupsi untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan berpihak kepada mereka. Sudah lama hutan adat mereka dieksploitasi oleh pihak luar tanpa memberi kemajuan yang berarti bagi mereka. Saat mereka harus bangkit memperoleh hak-hak yang selama ini diabaikan.

Memperkuat Kedaulatan Masyarakat Mentawai atas Sumber-Sumber Penghidupannya

CAPAIAN KAMI

Sejak berdiri 1995, YCMM telah bekerja bersama masyarakat adat Mentawai dan lembaga mitra lain baik di tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, tingkat nasional dan jaringan internasional, kami menyadari bahwa telah banyak capaian yang telah kami raih.

Kerja-kerja nyata kami yang sedari awal berkomitmen untuk Mentawai telah menyelamatkan ribuan tanah dan hutan adat Mentawai dari eksploitasi perusahaan kayu dan perizinan lainnya yang menyangkut hutan. 

Selain itu banyak kasus hukum baik itu korupsi uang rakyat maupun kejahatan lingkungan yang kami kawal yang berakhir pada vonis di pengadilan.

Di sisi sosial masyarakat di daerah tempat kami berkegiatan, kami berhasil mendorong pembangunan yang inklusi sehingga masyarakat mendapat layanan yang maksimal dari pemerintah. Kami juga berhasil mematahkan monopoli perdagangan hasil bumi yang dilakukan oleh beberapa oknum di bidang perdagangan sehingga hasil bumi Mentawai bisa dijual ke luar daerahnya dan mendapat harga yang pantas.

Selain itu kami juga melakukan kerja-kerja kemanusian saat masyarakat Mentawai mengalami bencana baik gempa, tsunami dan banjir dengan cara pemberian bantuan yang mereka butuhkan.

Pada sisi kebijakan publik, kami cukup intens memberi masukan kepada pengambil kebijakan agar memasukkan agenda masyarakat adat dalam program pembangunan dalam pemerintah. Dengan semangat kebersamaan dengan masyarakat Mentawai, kami berhasil mendorong lahirnya Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi kabupaten otonom yang lepas dari Padang Pariaman.

Revitalisasi budaya Mentawai berhasil kami lakukan dalam kehidupan pendidikan di Mentawai dan kehidupan sehari-hari yang turut berpengaruh pada khalayak luas dan memunculkan kebanggaan dan keberanian kepada generasi muda Mentawai untuk melestarikan budayanya.

Kami juga berhasil melahirkan kader-kader politik Mentawai yang mumpuni dan menempati posisi strategis di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Semua kegiatan Advokasi yang kami lakukan baik itu berupa konfrontasi melalui demonstrasi maupun membangun kemitraan dengan berbagai selama ini hanya kami dedikasikan kepada kemajuan dan kebangkitan masyarakat adat Mentawai. Kami menginginkan sumber daya alam Mentawai memberi manfaat yang positif kepada mereka sebagai pemiliknya sehingga pengelolaannya dapat dilakukan secara berkelanjutan dan lestari.

 

TENTANG KAMI

Yayasan Citra Mandiri Mentawai (YCM-M) merupakan kumpulan individu-individu yang berasal dari berbagai latar belakang etnis, budaya, pendidikan, pengalaman dan keahlian yang berbeda, namun memiliki kepedulian dan keprihatinan yang sama terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat adat Mentawai, serta memiliki kemauan yang kuat untuk berkarya bersama-sama dengan masyarakat adat Mentawai.

KONTAK

T: +62 (0751) 35528

E: ycmm@ycmmentawai.org

PADANG

YAYASAN CITRA MANDIRI MENTAWAI

Jl. Gng Semeru IV No 3

Kel.Gunung Pangilun, Kec. Padang Utara 

Padang 25137

TUA PEJAT

UMA YCMM

Raya Mapaddegat KM 4

Tuapeijat Mentawai

SEKRETARIAT YCMM

Jln Raya Tuapeijat KM 0

Tuapeijat Mentawai

ALAMAT RADIO

Sura' Mentawai

Jln Raya Tuapeijat KM 7

Kabupaten Keb Mentawai

MITRA

© 2018 by Yayasan Citra Mandiri Mentawai. Design by Sustainable Vagabonds